Monday, 23 March 2009

My Breakfast



Breakfast in the morning really was recomended. With healthy breakfast facilitated us to begin the activity in the morning...

The last few days i was really liked breakfast with a cup of peppermint green tea and one apple.., for extra i usually was added a slice cake or bread...




gab



This time I made the soft bread pudding ... hmm..., with being placed on the wood tray made the atmosphere of the morning be felt pleasanter...:)



And now...here my entry for Click with the theme WOOD of this month.

breakfst


Wanna know about this event...CLICK HERE

Thursday, 19 March 2009

Kroket....

Keju....kalo berbicara ini sudah pasti yg terbayang adalah anakku Darrell..:), sejak kecil sampai sekarang makanan utamanya adalah keju baik diolah dengan masakan ataupun di makan langsung...

Cerita tentang makanannya kali ini ga jauh-jauh dari keju lagi keju lagi...hehehe
Kroket ayam keju..., kroket ini adalah resep yg aku buat sesuai dengan kesukaan dia serta papa nya.



kroket3




Membuatnya gampang dan yang pasti bergizi tinggi...kalau sudah tersedia di meja hmm....jangan harap bisa bertahan lama...cepat sekali tandas...:)

Saat berbagi resep ini dengan teman-teman dekatku ternyata banyak yg suka...:)

Seperti ini resepnya :

Kroket Isi Ayam Keju
Resep asli by darrellmom

Bahan Kulit:
5 bh kentang besar dikupas dulu lalu potong2 ukuran besar baru dikukus sampe empuk
Keju parmesan 50 gr + cheddar parut 50 gr
Tepung panir secukupnya
Terigu secukupnya
Garam, merica, secukupnya.

Bahan Isi:
Bawang merah, Bawang putih secukupnya dihaluskan
mentega 1 sendok makan
2 bh dada ayam potong2 direbus sampe matang, dicincang halus ato pake caraku potong2 lagi scr kasar lalu di blender sbntr aja..sampe bergerindil aja
wortel dipotong dadu kecil-kecil
seledri/parsley diiris halus
susu 125 ml ato air kaldu sisa rebusan ayam ditambah 2sdm keju cream + 50 gr cheddar parut
Garam, gula,dan merica secukupnya



gab 1




Cara membuatnya:

Adonan isi :
Tumis bawang merah dan bawang putih dengan mentega, setelah harum baunya, masukkan ayam cincang dan wortel. Masukkan irisan seledri/parsley
Tuangi susu dan kaldu masukkan garam, gula dan merica, terakhir semua keju, sambil sesekali diaduk supaya jangan gosong.
Angkat dan dinginkan.

Adonan kulit
Haluskan kentang dgn memakai penghancur kentang, campur dgn keju, garam sdkt aja, gula, merica, aduk.
Ambil 2 sendok makan kentang yang sudah dihaluskan tadi, taruh di atas tangan membentuk setengah bulat lonjong, lalu diisi dan kepalkan menjadi bulat.


Tips aku untuk menggoreng :

Siapkan diwadah 2 bh kuning telur dicampur susu segar aduk.

Diwadah yg satu siapkan terigu secukupnya lalu kroket yg sdh terbentuk digulingkan semua kdlm terigu tsbt sampai habis.

Siapkan tepung panir di dlm plastik besar, kroket yg berbalut terigu td cemplungkan kdlm telur angkat dgn fork masukkan kdlm plastik.., bisa sampe 5 bh kroket yg di masukkan ke plastik dlm sekali waktu.

Agar terbalut panir sempurna, rapatkan ujung plastik dgn kondisi plastik yg mengembang bolak balikkan perlahan sampe kroket terbalut semua.., setelah itu baru disisihkan satu satu..
Goreng dalam minyak panas, sampai berwarna kuning kecoklat-coklatan.

Lihat deh hasilnya bagus kitanya ga repot dan kerjanya cepat...:)




kroketd3

Masak..masak lagi..( Pindang Ikan..)

Minggu pertama bulan ini aku membuat masakan ikan.., ga tau kenapa kok ya aku kangen banget sama pindang ikan tilapia masakan ibu. Biasanya pindang ikan yg terkenal ya pindang ikan patin.., tapi dulu ibuku selalu bikin pindang ikannya ikan tilapia aka Mujair ato Nila..yang ga bau tanah pastinya..

Dulu karena masa kecilku sempat tinggal di daerah yang ada danaunya.., kalau pagi hari saat ibuku belanja ke pasar pagi pasti banyak yg menjual ikan segar hasil tangkapan nelayan.. ikan danau yang rasanya gak bau tanah dan dagingnya manis.., banyak sekali macem2 ikan tp yg super adalah ikan semah..itu bahasa sumatra..ga tau kl bahasa ilmiahnya..dulu harganya sangat mahal..., kebanyakan orang2 yg berduit yg bisa beli ikan tsbt.., kalau kel kami sempet menikmati tp tidak terlalu sering..:)

Saat sekarang aku tinggal di qatar..ternyata aku menemukan ikan itu diantara ikan2 frozen yg diimport dr myanmar.., hehehe lumayan bernostalgia dgn masakan masa kecil..:)

Tapi kali ini yang aku mau share adalah masakan pindang ikan ala ibuku, ini dia resepnya..:


pindanng ikan 3



Pindang Ikan Tilapia
Resep by darrellmom

Bahan :
2 Buah ikan tilapia ukuran sedang masing2 potong 4
5 bh bawang merah diiris tipis
2 bh bawang putih diiris tipis
2 bh cabe merah potong 4
6 bh tomat cherry potong 4
1 ruas jahe dan laos, dipotong kasar
21batang sereh potong 2 memarkan
2 lbr daun salam
1 ruas kunyit potong kasar
air asam jawa secukupnya
Air jeruk lemon secukupnya
Garam, gula, kaldu secukupnya


pindang ikan 2




Cara Membuat :
1. Cuci ikan lumuri dengan air jeruk lemon diamkan 15 menit
2. Didihkan air lalu masukkan semua bumbu, kecuali tomat dan air asem..
3. Cuci kembali ikan masukkan kedlm air yg mendidih tadi.
4. Setelah setengah matang masukkan air asam jawa, tomat, garam, gula sedikit serta kaldu bubuk bila perlu.
5. Angkat dari api, hidangkan dengan sambal mangga dan lalapan timun serta sayuran rebus.



pindang ikan




Sambal mangga :

6 bh cabe merah
2 bh bawang merah
1 bh mangga muda iris tipis2 dagingnya
Sedikit terasi
Garam dan gula secukupnya

Caranya :
Ulek cabe dan bawang merah, masukkan terasi gula dan garam
Masukkan irisan mangga muda ulek kasar jangan terlalu halus, cicipi rasanya cukup pedes, asin manisnya serta asem mangga..hmmm mantapp....



Ayo silahkan dicoba....!!!!

Wednesday, 11 March 2009

yummy homemade ice cream


Sudah lama aku ga mengupdate blog yg ini.., kemarin2 rasanya selalu kekurangan waktu untuk sesaat...:), semoga di bulan ini semangat untuk menulis dan segala nya akan kembali datang dan terus ada....

Postingan awal ini aku ingin bercerita ttg kegilaan kami dengan ice cream..ya segala macam ice cream pasti akan selalu ada dlm setiap minggunya...apalagi disaat sedang berjalan2 baik di mall..or di tempat lain...ga akan pernah terlewatkan dessert yg satu ini..., termasuk anakku darrell yg tadinya ga suka krn dingin...hmm...skrg jangan ditanya..dimana ada haagen dasz atau baskin robbins..dia pasti minta dibelikan..tapi favoritenya cuma 1 rasa coklat..:)

Suatu saat aku menemukan ice cream maker.., tanpa berpikir panjang langsung deh dibeli sesampainya dirumah mempersiapkan bahan2 dan langsung membuat...percobaan demi percobaan aku lakukan...

Setelah beberapa kali bereksperimen dengan resep dr buku2 yg aku punya...ternyata based untuk segala macam ice cream yg berbasis susu adalah vanilla ice cream..

Dengan 1 resep itu..kita bisa membuat berbagai macam variasi baik coklat, strawberry...durian..dilengkapi juga dengan taburan buah2an kering atau coklat serut dll....

Pokoknya kapanpun ingin makan ice cream.., aku bisa dengan cepat menyajikan untuk keluargaku...:)

Salah satu resep yg aku pakai disini adalah resep dr Goodfood magazine edisi agustus 2008.

ini dia resepnya :


Classic Vanilla Ice cream
by Barney Desmazery's from GoodFood Magazine august 2008 edition.

Makes about 500g ice cream

Ingredients:

1 plump vanilla pod/ 2tsp vanilla pasta
300 ml full fat milk
300 ml double cream
100 g golden caster sugar
4 egg yolks

Directions :
1. Place container in the freezer. Split the vanilla pod lenghtways, scrap the seeds out with the oint of knife and tip into a pan with the milk, cream an pod. Bring to the boil, then remove from the heat and leave to infuse for at least 20 mins. For the best flavour, this can be done a few hours beforehand and left to go cold.

2. In large bowl, whisk the sugar and egg yolks together for a few mins until they turn pale and fluffy. Put the vanilla cream back on the heat until it's just about to boil, then carefully sieve the liquid onto the yolks, beating with the whisk until completely mixed.

3. At this point, get a large bowl of iced water and sit a smaller bowl in it. Pour the custard back into the pan and cook on teh lowest heat, stirring slowly and cpntinuously, making sure the spoon touches the bottom of the pan, for about 10 mins until tickened. Strain the custard into the bowl sitting in the iced water and leave to cool, then churn until scoopable ;

If with machine, whichever machine you use, once set up you simply pour in teh cooled custard and churn the custard until it's frozen, then transfer it to a chilled container.

If By Hand, Put you cooled mix in metal bowl in the freezere and when it becomes slushy, whisk it hard. Place back in the freezer and repeat the process two more times, then leave to freeze until scoopable. finally transfer to a smaller container, adding chunks or ripples if you want.




blueberry ice cream

Strawberry n blueberry icecream




durian n raisin

Durian ice cream and Chocolate raisin ice cream




one scoop raisin ice cream

one scoop chocolate raisin ice cream


Untuk resep2 ice cream diatas bila ada yg menginginkan bisa kirim imel ke diriku krn aku ga bisa share disini...., resepnya dpt dr buku yg tidak membolehkan untuk sharing resep tsb secara umum...mohon dimaklumi..:)