Saturday, 13 February 2010

marmer cake...(kenangan membawaku kembali)

Ada saat dimana aku merasa bosen dengan segala hal yg berbau baking...., untuk mengisi waktu itu biasanya aku akan beralih dengan kesibukan lain yang membuat aku merasa nyaman untuk mengerjakannya..*kecuali tugas menyetrika yg ga pernah bikin happy..*

Suatu hari aku teringat makanan yang suka dibuat ibu.., yaitu bolu marmer jadul.., bolu swirl coklat yg sering ibu buat untuk penganan sore hari.., aku teringat kalo udah matang duuh bau margarine nya harum kemana2..:), bolu itu biasa ibu bikin dicetakkan baking pan tulban yg ada tutupnya dan ada kaca bundar diatasnya, cetakan itu bisa langsung ditaruh diatas kompor dimasak dengan api sedang...., kalo sekarang kayaknya cetakan yg begitu sudah memakai listrik deh....



3

Karena itulah, akhirnya aku mencoba me-reka2 resep yg aku punya, lalu di buat sesuai versiku..timbul semangat masuk dapur, mulai membuat akhirnya sore hari bolu itu pun jadi......

Senang banget..., sambil ditemanin teh hangat...dengan sinar matahari sore yg masuk melalu kisi2 jendela...aku menikmati bolu marmer ini dengan kenangan yg membawaku ke puluhan tahun lalu disana....disumatra.....,dirumah kami....di sore hari pula......,lamat-lamat terdengar riuh rendah celoteh kami bersaudara..sambil menikmati bolu ini dengan ibu dan alm aba tercinta.....achhh.......sore itu kenangan membawaku kembali.........!!!



4


MARMER CAKE
Untuk loyang tulban ukuran diameter 20 cm

Bahan:

5 btr telur, buang putihnya 2
75 gr tepung terigu
25 gr susu bubuk
80 gr gula pasir
100 gr mentega, cairkan
1 sdt cake emulsifier*optional*
2 sdm susu kental manis
1 sdt vanili
1 sdt pasta coklat


Cara membuat :

- panaskan oven
- kocok gula, telur, emulsifier, hingga mengembang dan berjejak
- tambahkan susu kental manis
- masukkan tepung,susu bubuk dan vanili, aduk pelan hingga rata
- lalu masukkan mentega cair aduk perlahan sampai tercampur semua
- ambil kurleb 3 sdm adonan, campur dengan coklat pasta, aduk rata
- olesi loyang tulban dengan mentega, taburi dengan tepung sedikit sampai rata
- tuang 1/3 adonan putih, kemudian campur 1 sdm adonan coklat dan buat swirl diatasnya
- lakukan terus sampai adonan habis
- oven dengan suhu 160 derajat sampai matang lebih kurang 25 menit
- potong2 siap dinikmati



gab1


5 comments:

  1. ma , yg kedua dr atas cakep :), props nya yg bunga2 dunk

    ReplyDelete
  2. Mbak Ema, ada temen yang bawa baking pan tulban dari Indo ke Erie...hehehe...kata temen saya sich lebih praktis pake baking pan itu daripada dimasukkin ke oven :)

    ReplyDelete
  3. @ asri..., thank's bu..props nya...ntar kalo nemu lagi ya...:)

    @roossy..., pa kabar ros..??, iya kyknya emang lebih praktis make loyang baking pan gini deh..sayang punya ibuku ga tau udah kemana..:)

    ReplyDelete
  4. selamat ya ma.....diem2 aja nih :)

    ReplyDelete
  5. Terimakasih infonya. semoga bermanfaat buat kita semua. salam sehat!! Informasinya sangat menarik sekali, selamat hari natal & tahun baru 2015..! haha

    ReplyDelete

Hello all......., thank's for stopping by and leave comments here...