Saturday 26 April 2014

Gulai Cincang Daging (ala Padang )

Minggu ini baru ada semangat untuk mengisi blog masakku karena terusterang banyak yang ingin di tulis tapi apa daya selalu kehabisan waktu dan tenaga tentunya :P.

Kemarin tiba tiba ada sms dari suami, “Ma tolong masakin gulai cincang padang ya” saat ku baca wah tumben nih ada yang sedang ngidam rupanya hahahaha, aku balas sms nya “oke Pa, insyaallah ya”.

Masuk ke dapur mulai mengeluarkan daging yg ada di freezer kebetulan stocknya kebanyakan daging untuk steak tapi sudah bebas lemak, ya okelah biar mengurangi resiko timbunan lemak, hehehe.

Browsing sana sini dan mengingat rasa gulai cincang yang pernah aku makan di Indonesia, hmm, beruntung aku orang Sumatra walau bukan keturunan padang tapi lidah ku sudah terbiasa dengan masakan padang, pedas banyak bumbu, terkadang ibu dirumah pun dulu sering memasak buat kami macam macam masakan padang, jadi ga masalah walau kali ini baru untuk pertama aku membuat gulai cincang *sigghhhh*.

Setelah melihat bumbu bumbu yang dipakai, ada yang selalu aku ingat, setiap masakan yang aku masak tidak bisa memakai kapulaga /cardamom, karena ada yang alergi dengan bumbu tersebut, tapi tidak masalah kapulaga bisa di skip, oowwwhhh satu lagi bunga pekak tidak tersedia di dapurku, so jd lah 2 bumbu di skip.., semoga hasil akhir tetap sedap mantap…










GULAI CINCANG


Bahan:
800 gram daging tetelan ( aku pakai daging steak bebas fat ) 
air untuk merebus

minyak, untuk menumis



Bahan lain :
2 buah asam kandis

2 batang serai, memarkan
1 buah pekak  ( aku skip krn lg ga ada stock )
3 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun kunyit, buat simpul
2 buah kapulaga ( aku skip )
2 cm kayumanis
500 ml santan kental

garam

gula pasir


Bahan yang dihaluskan :

10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting + 8 buah cabe merah besar

½ sdt merica

3 cm jahe
3 cm lengkuas
½ buah biji pala 
1  sdt ketumbar, sangrai
½ sdt jintan, sangrai







Cara membuat :

Jerang  air sampai mendidih, potong2 daging sapi berbentuk dadu, cuci lalu masukkan daging sapi. Masak sebentar sampai mendidih dan muncul buih2. Matikan api angkat dan buang airnya cuci kembali daging tersebut sisihkan ( kebiasaan ku bila memasak daging selalu begini,  gunanya  untuk membuang air bekas darah yang membuat rasa amis dan agar air kaldu yg dihasilkan jernih) . Didihkan air kembali lalu masukkan daging rebus sampai empuk.



Sementara tumis bumbu halus bersama bumbu lainnya sampai harum.kemudian masukkan bumbu kedalam panic yang berisi daging tadi, jerang kembali tambahkan santan , kemudian kaldu stock sapi bila suka, garam, gula, aduk, biarkan mendidih sampai mengental, dengan permukaan kuahnya berwarna merah menarik, matikan api. Siap dihidangkan dengan nasi panas beserta pelengkap lainnya.







Setelah suami pulang kerja, gulai cincang pun disiapkan untuk makan malam, sebelum makan dia bertanya "gak pakai kapulaga kan?" hehehehe , iya aku bilang sudah di skip, pas dia coba, nah mantapp ma....,  dia kasih jempol, eeiittts ternyata anak lelaki ku juga doyan kebetulan dia juga suka rasa pedas..., jadi gulai cincang ku kemarin sukses disukai...


Silahkan untuk mencoba siapa tau selera anda pun sama....happy cooking...... :D

















2 comments:

  1. kenapa dibilang gulai cincang? aku dah mikir pake daging cincang nih..hehehe.. br tau jg ternyata km org sumatra..

    ReplyDelete
  2. dagingnya harus dicincang ya bunda..?

    ReplyDelete

Hello all......., thank's for stopping by and leave comments here...