Friday, 19 September 2008

Biji Salak..tajil berbuka puasa..............

2 minggu lalu kangen sama makanan ini...dulu banget aku pernah kenal dengan mbok yang berjualan macam2 makanan seperti ini rasanya tuh uenaaakk dan puleenn banget..apalagi kalo kinca dan sausnya itu udah tercampur...hmm..


biji salak



Kalo beli aku pasti beli beberapa bungkus untukku sendiri hehehe...., selain biji salak ini aku suka kalo dicampur dengan bubur sumsum dan lapis beras yang berwarna hijau aduuhh aku lupa namanya....kembali mengingatkan aku semasa SMP puluhan tahun lalu.... kalo ikut kakakku ke pasar pasti pulangnya mampir dulu ke sini. Beliau selalu berjualan di pasar Kiara Condong bandung.., didepan toko kelontong dekat pintu masuk pasar dr arah depan....

Ada ga ya temen2 dr bandung yg pernah mencoba makanan si mbok ini..????


biji salak



Mengobati rasa kangen jadi aja bikin Biji salak.......:)


Bahan:

2 bh ubi jalar kurleb 400 gr
tepung kanji/tapioca 100 gr kalo msh lembut tambah lagi beberapa sendok sampai bisa dipulung
¼ sdt garam
Vanili
Air gula merah yg telah disaring kurleb 300 ml
Air untuk merebus
1 sdm tepung beras

Saus:

500 ml santan dari ½ butir kelapa parut
1 lembar daun pandan, potong-potong
¼ sdt garam

Cara membuat:

Kupas dan kukus ubi hingga matang. Angkat. Lalu haluskan.
Ambil sebagian ubi halus,sisakan sekitar 2 sendok makan.
Kemudian campur dengan tepung kanji dan garam hingga
rata.
Bentuk adonan bulat-bulat seperti biji salak.
Didihkan air secukupnya, rebus biji salak hingga mengapung. Angkat
dan tiriskan.
Didihkan air gula merah,sementara itu sisa 2 sdm ubi tadi ditambah 1 sdm tepung beras diberi air sekitar 100 ml, lalu aduk sampai tercampur.
Masukkan campuran ubi dan tepung beras ini kedlm air gula merah aduk hingga rata.
Masukkan biji salak rebus, diamkan diatas api sebentar aduk hingga tercampur rata. Angkat.


Saus:

Rebus santan bersama pandan dan garam hingga mendidih. Angkat
dan dinginkan.

Sajikan biji salak dengan siraman saus santan.


biji salak

2 comments:

  1. Suka banget, foto2nya clear & sharp!

    ReplyDelete
  2. Hello, I like this blog.
    Sorry not write more, but my English is not good.
    A hug from Portugal

    مرحبا ، انا احب بلوق.
    فقط أكتب ما يمكن ان يترجم.
    أ الحضنه من البرتغال

    ReplyDelete

Hello all......., thank's for stopping by and leave comments here...