Friday 19 September 2008

Penggunaan photo di Internet...aku juga ngalamin...

Dulu beberapa waktu yang lalu beberapa temen di multiply dan blogger sempat rame krn banyak yg menggunakan photo or resep mereka tanpa izin sama sekali, bahkan photo2 tersebut ada yg dihilangkan nama author nya jadi seolah2 mereka sendiri yg membuat..., parahnya lagi ada yg digunakan untuk tujuan komersial seperti jualan buku resep online dll, Setelah ada yg protes dan banyak yg mengecam.., akhirnya satu dua mengakui salah tapi ada yg bandel dan malah kabur dgn meninggalkan blog nya dsb, huh pengecut..!!

Aku juga dulu sempat dihubungi oleh seseorang dr salah satu website untuk meminta izin menggunakan photo dan resep ku sepeti yg tercantum disini , melihat dr tujuannya untuk mengenalkan budaya indonesia aku sih setuju aja..at least mereka sdh meminta izin terlebih dahulu, drpd tidak sama sekali....

Setelah Sefa kesal dgn koran tempo yang memakai photo nya tanpa izin malah mengcroping watermark nya, dan skrg prosesnya masih berlanjut.., aku jd teringat waktu blogwalking bbrp bulan lalu.., yang sempat mengetahui ada bbrp photo ku jg yg dipakai orang tanpa izin, 2-2 sdh aku tinggalkan pesan, tp yg satu ternyata ga tau deh menghilang kayaknya blognya..dan yg satu lagi di sini : http://resep-online.blogspot.com/2008/06/resep-nasi-tim-cincang.html

photo yg dia pake yg aku muat di blog aku yg di blogsome : http://myactifity.blogsome.com/2007/04/29/nasi-tim-ayam/




dulu dia pake tanpa embel2 apa setelah aku tinggalkan pesan yg skrg kolom pesan jg udah di hilangkan..:( baru dibawahnya ditulis sumber nya drmn, dan lucu nya lagi resep sm photo ga nyambung resep drmn isinya apa smntr photo nya nasi tim ayam huahahaha....

Ohya baru2 ini ada satu lagi photoku yg puding dwiwarna jg dipake sama orang lain di blognya ini : http://gastronom.ie/new-foodie-programme-on-rte/



Nah blog ini bikin link dr program TV RTE irish, mrk mengadakan kontes resep yg pemenangnya akan dpt hadiah dan tampil di acara foodie contest di tv itu., tadi nya aku ga ngeh aku kirim imel aja ke TV RTE, lalu dibalas kt mereka wah itu bukan wewenang kami mrk hanya salah satu supported untuk acara ini.., setelah aku baca lagi iya emang bener..akhirnya aku tinggalkan pesan aja di blog nya, yg aku minta hanya konfirmasi aja bahwa mrk pake photoku di blognya itu aja. Walaupun mrk udah cantumkan namaku sbg pemilik tapi link nya dr mana ga ada, bukankah kalo kita udah pake cc salah satunya adalah mencantumkan link drmn kita dapat photo tersebut bukan begitu ...?????

Ga tau deh sebenarnya gimana ya penggunaan photo2 begini didunia maya.., apa memang ga perlu kulo nuwun dulu yg penting ada link drmn sumbernya didapat, kalo begitu knp orang2 ga menyadari dan kenapa hrs ownernya teriak2 dulu baru di benahi itu juga kalo ada niat baik kalo ga malah ngabur aja...huuhhh..., sabar2...!!, walaupun dlm dunia photography pencantuman nama or embel2 lain ga diperlukan krn akan mengganggu tampilan photo disaat kita mengapresiasikan..., kayaknya dlm kondisi dunia maya begini hal tersebut ga berlaku krn udah dicantumin label pun tetap dicuri ato digunakan tanpa izin malah di croping dsb untuk menghilangkan identitas itu photo..so berarti kudu tambah pengaman yg lebih banyak lagi hehehe..., panjang deh curhatku kali ini....., sabar...puasa......puasa......

5 comments:

  1. waaaaaaaaa, ternyata dirimu udah duluan kena ya Mbak :(

    ReplyDelete
  2. Coba aja pake no right click code hehee...btw gampang jg kok ngakalin no right click code

    ReplyDelete
  3. Mbak Ema, kalo menurutku sih, etikanya ya minta ijin dulu. Yah, minimal kasih pemberitahuan kalo mereka pakai foto kita. Walaupun teknologi internet udah bebas, tetep aja harus ada tata kramanya.

    ReplyDelete
  4. Dunia internet kan utk menyebarkan informasi. Apa sih tujuan anda blogging? Kan supaya isi blog anda dibaca orang, bukan?

    Di dunia internet segalanya kan terbuka, jadi kenapa harus takut di copy orang. Itu RESIKO deh.....

    JEPANG YG SANGAT MAJU JUGA DIMULAI DARI MENGCOPY SEGALA BUKU2 ILMU DAN PENGETAHUAN DARI USA UTK RAKYATNYA.

    ReplyDelete
  5. to anonymous...

    Anda bener2 membaca ato ga sih isi tulisan saya..?? memang benar didunia maya ini ngeblog untuk menshare kesemua orang tp untuk hal copy mengcopy ada aturan dan sopan santun tersendiri...yaitu dgn cr.., memberitahu terlebih dahulu kepd yg punya blog, atau mengcopy tp mencantumkan link dan sumbernya darimana...,

    Kebanyakan yg terjadi hasil karya kita contohnya seperti hasil photo di blog saya yg notabene dibuat dgn pemikiran, tenaga dan waktu khusus..lalu dicatut orang dgn sengaja dan malah menghapus identitas saya dr photo tsbt., apakah hal ini perlu dibiarkan..., oh no tungu dulu.., skrg ada undang2 hak cipta..di dunia maya pun orang2 yg membuat artikel ataupun hsl karya dr seluruh duniapun sangat menghormati copy right policy itu...

    Masalah anda berbicara bgt.. kl saya pikir mungkinkah anda salah satu yg suka mencatut hasil karya orang lain..?? kemudian anda pun tidak berani meninggalkan identitas asli diri anda hanya berani memakai anynomous....??

    Kalo berani knp hrs silent begitu..jgn hanya berkoar2 saja ya..untuk anda tau masalah spt ini jg dialami temen saya dan dia menggugat pihak pencatut hasilnya dia menang secara hukum...

    mengenai negara jepang mengcopy ya wajar lah tp saya yakin mrk pun menghormati copyright.....!!!

    ReplyDelete

Hello all......., thank's for stopping by and leave comments here...